Sosok
Pelayanan Terpadu
Pengunjung
  Visitors : 1379013
  Hits : 81546
  Online : 15
Rabu, 26 November 2014 / 2 Safar 1436 H
Artikel
PENYAKIT STROKE

Rabu, 12/11/2014 09:52 WIB

Penyakit stroke merupakan  penyakit  pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan menimbulkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf  otak.

Masyarakat Tanjung Lolo Bakaua Adat
 
Selasa, 11/11/2014
            Luar biasa. Guna susksesnya bakaua adat, masyarakat Nagari Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung semblih empat ekor kerbau besar untuk makan bajamba sambiah duduak baselo, di los pasar setempat, Minggu (9/11).
            Hebatnya lagi, empat malam sebelum acara puncak dilaksanakan, kegiatan yang merupakan ujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki, dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional, seperti selawat dulang, saluang, randai, tari dan silek, sehingga bakaua adat berlangsung dalam  alek gadang nagari.
            Selain sekitar 700 masyarakat dan ninik mamak yang berpakaian kebesaran,  bakaua yang diawali dengan pembacaan Kalam Illahi oleh seorang bundo kanduang, juga dihadiri Bupati Sijunjung H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Sijunjung serta Muspika dan walinagari se-Kecamatan Tanjung Gadang.
Ketua Kerapatan Adad Nagari (KAN) Tanjung Lolo, Mistarman Dt. Lipati mengatakan, selain sebagai  ujud syukur atas hasil panen yang diperoleh serta berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki, bakaua yang dilaksanakan juga mengandung maksud dan harapan, yaitu  bumi sanang, padi manjadi, jaguang maupiah, taranak bakambang, rakyaik aman santoso.
Selain menjelaskan berbagai pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, dalam kesempatan itu Bupati Yuswir Arifin juga berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat Tanjung Lolo kekompakan yang terjalin erat tidak hanya untuk bakaua, tapi dijadikan modal dasar untuk memacu pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.
Tentang bakaua adat yang Minggu itu dihadiri ratusan masyarakat, bupati yang juga selaku ninik mamak Tujuh Koto, mengaku salut dan bangga serta mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Nagari Tanjung Lolo.
Disamping salut dan bangga,  bupati juga berharap dan berpesan supaya bakaua adat tetap dilaksanakan dan dilestarikan, karena banyak manfaat yang terkandung  di dalamnya.
Antara lain mensyukuri nikmat yang diterima,  berdoa agar Allah SWT selalu memberikan rezki, menjaga dan menegakan adat istiadat, mempererat hubungan silaturrahim serta persatuan dan kesatuan.
Guna meringankan beban panitia pelaksana bakaua, atas nama pribadi Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo serahkan sumbangan Rp1 juta. -nas
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Awasi Generasi Muda Dari Kehancuran
 
Selasa, 11/11/2014
            Membaca berita yang dimuat koran terbitan Padang, Sabtu (8/11), dengan judulSelamatkan Generasi Muda Dari Bahaya Teknologi,’ peran orangtua, masyarakat dan pemerintah memang sangat diperlukan, supaya siswa dan generasi muda tidak terjerumus ke lembah kehancuran.
            Sebab, globalisasi dunia melalui teknologi informasi (internet, telepon selular dan media elektronik lain) yang berkembang sangat pesat, ikut mewarnai kemajuan Kabupaten Sijunjung. Namun dampak perkembangan dari teknologi informasi itu, bisa positif bisa pula negatif, kata tokoh dan pemuka masyarakat H. Idrus,  Selasa (11/11), di Muaro Sijunjung.
Menurut Idrus yang menaru perhatian dan kepedulian terhadap kemajuan Kabupaten Sijunjung, dampak positif dari perkembangan teknologi informasi, adalah kemudahan dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan belahan dunia.
            Sedangkan dampak negatifnya, adalah masuknya pengaruh budaya asing, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, tindakan kriminalitas, pornografi dan budaya kekerasan.
            Sementara generasi muda adalah kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap pengaruh budaya asing ini, sehingga dalam membangun sosial budaya, terutama terhadap generasi muda itu, diperlukan persiapan yang matang, agar mereka dapat mengambil manfaat positif dan membentengi diri dari dampak negatif globalisasi dunia yang tengah berkembang ini.
            Selain itu, peranan pemerintah bersama ninik mamak, alim ulama dan cerdik pandai serta segenap elemen masyarakat, semakin dituntut dan diperlukan untuk mengawasi, membina dan menyelamatkan para generasi muda dari dampak negatif kemajuan teknologi informasi.
            Karena selaku harapan serta tumpuan bangsa dan negara yang akan melanjutkan pembangunan di segala bidang, generasi muda mesti dibekali sedini mungkin dengan ilmu pengetahuan tentang tata cara mengambil manfaat positif dari kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan deras dan pesat.
            Disamping itu, pemantapan kehidupan beragama dapat dijadikan benteng pertahanan bagi masyarakat untuk meminimalisasi pengaruh negatif dari dampak globalisasi dunia melalui teknologi informasi yang masuk dengan deras ke seantero pelosok negri di Indonesia, termasuk ke Kabupaten Sijunjung yang tengah berpacu dengan pembangunan, tandas Idrus. -nas

+ selengkapnya

HIDUP SEHAT

Kamis, 07/08/2014 10:33 WIB

1. Selalu Bangun Sebelum Subuh

Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat Fardhu, sholat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikmah yg mendalam antara lain :

+ selengkapnya

VIRUS MERS

Rabu, 14/05/2014 12:14 WIB

PENYEBAB  TANDA GEJALA VIRUS MERS-COV

Virus MERS  adalah merupakan salah satu jenis virus yang menyerang organ pernafasan orang yang mengidapnya yang merupakan jenis penyakit saluran pernafasan yang bisa mengakibatkan kematian. MERS – Cov adalah merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus. Virus ini merupakan jenis baru dari kelompok Corona virus (Novel Corona Virus). Virus ini pertama kali dilaporkan pada bulan September 2012 di Arab Saudi.Virus MERS-CoV sementara diyakini menular dari unta, Karena itu, para jamaah yang umroh atau haji nanti diimbau agar menghindari interaksi dengan hewan gurun tersebut

+ selengkapnya

NAPAK TILAS SIJUNJUNG

Kamis, 30/01/2014 10:26 WIB

Selasa , 18 Februari 2014 mendatang, Kabupaten Sijunjung yang lahir di kancah revolusi serta besar di era  orde baru, reformasi dan otonomi, sudah berusia 65 tahun. Untuk mengenang kelahiran dan perjalanannya, staf Bagian Humas Sekretariat Daerah Kab. Sijunjung,  Nasrul. R menurunkan tulisan setelah data dihimpun dari berbagai sumber.

Kabupaten yang awalnya bernama Sawahlunto/Sijunjung (baru enam  tahun bernama Sijunjung), kini dipimpin duet Yuswir Arifin – Muchlis Anwar.

+ selengkapnya

JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)

Selasa, 28/01/2014 14:57 WIB

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial  Nasional yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib 

Mulai hari Rabu (1  Januari 2014), PT Askes dan PT Jamsostek telah bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Askes jadi BPJS Kesehatan, sedangkan Jamsostek jadi BPJS Ketenagakerjaan.

+ selengkapnya