Selasa, 02 September 2014 / 6 Zulqaidah 1435 H
Info Kabupaten
DISHUT BIBITKAN TREMBESI

Kamis, 03/06/2010 09:29 WIB

Sedikitnya, 5 ribu biji trembesi (Albizia saman) atau yang dikenal dengan nama kayu hujan tengah di bibitkan Dinas Kehutanan Kabupaten Sijunjung. Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Sijunjung, Drs.Nurhasman diruang kerjanya, mengatakan, penyemaian biji trembesi bantuan Presiden RI dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknid Daerah (UPTD) Dinas Kehutanan di Muaro Batuk.

Menurut Nurhasman, bibit trembesi tersebut rencananya akan ditanam di kiri kanan jalan Pasar Jumat – Kadang Baru. Sebab, pohon trembesi ini berfungsi pohon pelindung. Selain, sebagai pohon pelindung, pohon trembesi ini juga akan ditanam di sekolah-sekolah di kabupaten ini. ”Bibit trembesi itu, rencananya akan kita tanam pinggir jalan Pasar Jumat – Kandang Baru dan sekolah-sekolah,” jelas Kadis Kehutanan Sijunjung ini.

Selain di pinggir jalan dan sekolah-sekolah, pihaknya juga akan memberikan bibit kayu trembesi ini kepada masyarakat.Namun itu, tergatung permintaan masyarakat.Kalau masyarakat butuh akan kita kasih, ujarnya.

Penanaman penghijauan kayu trembesi ini, sambung Kadis Kehutanan, sebagai komitmen pemerintah melestarikan lingkungan hutan dan mengurangi emisi karbon dampak perubahan iklim atau pemanasan global. Bahkan, penghijauan ini juga untuk mengurangi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Ini dimaksud agar tidak lagi hutan yang gundul, lahan kritis dan lahan kosong.-zet/dn


Bookmark and Share   counter  Share


Info Terkait

DISHUT BERTEKAD BERANTAS ILEGAL LOGGING

DINAS KEHUTANAN LAKUKAN BERBAGAI KEGIATAN

DISHUT SEDIAKAN BIBIT GRATIS

KAYU TEMUAN AKAN DILELANG