Rabu, 17 September 2014 / 21 Zulqaidah 1435 H
Profil Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Sekilas Mengenai Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Kabupaten Sijunjung dengan kondisi alam memiliki berbagai keunggulan, namun dilain pihak posisinya berada dalam wilayah yang memiliki kondisi geografis, geologis dan demografis yang rawan terhadap terjadinya bencana dengan frekuensi yang cukup tinggi, sehingga memerlukan penangganan sistematis, terpadu dan terkoordinasi.

Potensi penyebab bencana bisa berupa bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial. Bencana alam antara lain berupa gempa bumi, banjir, angin topan, tanah longsor, kekeringan, kebakaran baik hutan/lahan karena faktor alam, hama penyakit tanaman, epidemi, wabah, kejadian luar biasa dan kejadian antariksa/benda-benda angkasa. Bencana non alam antara lain kebakaran baik hutan/lahan yang disebabkan oleh manusia, kecelakaan transportasi, kegagalan konstruksi/teknologi, dampak industri, ledakan nuklir, pencemaran lingkungan dan kegiatan keantariksaan. Sedangkan bencana sosial antara lain berupa kerusuhan sosial dan konflik sosial dalam masyarakat yang sering terjadi.

Penanggulangan bencana merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional yaitu serangkaian kegiatan penanggulangan bencana sebelum maupun sesudah terjadinya bencana yang selama ini masih dirasakan ada kelemahan baik dalam pelaksanaan penanggulangan bencana maupun yang terkait dengan landasan hukumnya, dikarenakan belum ada kelembagaan yang secara khusus menanggani bencana di Kabupaten Sijunjung.

Mencermati hal – hal tersebut di atas maka dibentuk kelembagaan yang secara khusus menangani bencana di Kabupaten Sijunjung yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang pada prinsipnya mengatur tahapan penanggulangan bencana meliputi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

 

Dasar Hukum Pembentukan

1. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2008 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana.
2. Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
3. Peraturan Daerah Kabupaten Sijunjung No. 2 Tahun 2010 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sijunjung.